RPKPS METODE PENELITIAN SOSIAL
A. IDENTITAS PERKULIAHAN :
1. Nama Mata Kuliah : Metode Penelitian Sosial
(MPS)
2. Kode Mata Kuliah : MKB-544
3. SKS :
3 SKS
4. Dosen Pengasuh : Subair
Abdullah, S.Ag, M.Si
B. PENGANTAR
Kuliah “Metode Penelitian
Sosial” merupakan mata kuliah wajib fakultas yang dirancang untuk mencapai dua
tujuan sekaligus. Pertama, membekali
mahasiswa dengan pengetahuan filosofis tentang dasar-dasar penelitian sosial
umumnya, dan penelitian sosiologi agama khususnya. Kedua, membawa mahasiswa untuk terlibat dalam latihan penelitian sosial
keagamaan secara praktis, sehingga memungkinkan mahasiswa memiliki keahlian yang
memadai tentang bagaimana teknik-teknik penelitian sosial keagamaan diaplikasikan
secara tepat.
Riset untuk memahami
fenomena dalam ilmu sosial dan keagamaan
memiliki kekayaan metode yang sangat bervariasi. Metode riset dalam
bidang ilmu ini berkaitan erat dengan tradisi paradigmatik yang berkembang,
mencakup setidaknya positivis,
post-positivis, partisipatoris dan konstruktivis. Sebagai mata kuliah
pengantar, misi dasar dari kuliah ini adalah mengajak mahasiswa untuk mengenali
berbagai variasi metode yang tersedia dalam ilmu sosial keagamaan, dengan
segala macam karakternya. Tidak hanya berkutat di level kognitif, pengenalan
terhadap metode yang ada juga akan dilakukan melalui proses pembacaan sejumlah
karya riset untuk memahami bagaimana metode
tersebut diaplikasikan (method in
action). Dengan cara demikian, maka mahasiswa diharapkan sudah bisa mengenali
perbedaaan dan karakter masing-masing metode, dan bagaimana bentuk-bentuk
aplikasinya.
C.
TUJUAN PEMBELAJARANNo
Mata kuliah ini
mempersiapkan mahasiswa agar mampu memiliki kepekaan sosial dan menguasai
pengetahuan, keahlian, serta analisis dasar di bidang penelitian sosial.
Kompetensi yang diharapkan di akhir perkuliahan adalah mahasiswa mampu menyusun
“Rancangan/Usul Penelitian” yang logis dan sistematis.
D. EVALUASI
Evaluasi dimaksudkan untuk melakukan penilaian atas proses
belajar mahasiswa, baik yang dilakukan di kelas maupun di luar kelas. Komponen
evaluasi diuraikan guna menjangkau baik kapasitas individual maupun kemampuan
kerja tim yang dilakukan. Komponen evaluasi dan bobot penilaian masing-masing
dirumuskan sebagai berikut:
KOMPONEN
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
1. Ujian Mid Semester
2. Ujian Akhir Semester
3. Aktivitas/Tugas Harian
4. Tugas
Terstruktur (Membuat usulan penelitian)
|
30
40
10
20
|
Ujian tertulis
Ujian tertulis
Kehadiran, aktivitas dan latihan harian Dikumpulkan pada
saat ujian akhir semester
|
E. KONTRAK PERKULIAHAN
1.
Mahasiswa diharapkan hadir tepat waktu. Toleransi
keterlambatan baik untuk dosen dan mahasiswa adalah 30 menit sejak dimulainya perkuliahan.
Sangsi apabila melebihi waktu tersebut, untuk mahasiswa ádalah boleh tetap
kuliah namun harus duduk di depan dan mendapat tugas tambahan antara lain
review materi kuliah pada hari yang bersangkutan. Tugas dikumpulkan pada kuliah
satu minggu berikutnya. Sebaliknya apabila dosen yang terlambat, maka kuliah
dapat ditiadakan tetapi kehadiran mahasiswa tetap diakui. Sangsi tersebut tidak
berlaku, apabila masing-masing pihak ada pemberitahuan terlebih dahulu paling
lambat sebelum jam kuliah dimulai. Pemberitahuan dari mahasiswa dapat dilakukan
melalui surat ijin (tertulis) maupun SMS dengan menyebutkan nama lengkap dan
NIM. Tanpa identitas lengkap maka pemberitahuan ijin tidak akan diperhatikan
2.
Absensi mengacu pada Pedoman Peraturan Fakultas . Dalam
hal ini batas ketidakhadiran mahasiswa adalah 4 kali perkuliahan tatap muka. Jika
tidak hadir lebih dari ketentuan tersebut tanpa pemberitahuan tertulis atau
alasan yang jelas, maka mahasiswa
tersebut tidak dapat mengikuti ujian akhir semester.
3.
Ijin keterlambatan maupun ketidakhadiran kuliah yang
ditoleransi (dianggap hadir) adalah yang ada pemberitahuan (keterangan) dan
maksimal adalah 2 kali selama 1 semester perkuliahan.
4.
Tidak ada
ujian susulan bagi tes kecil. Khusus UTS dan UAS , kecuali dengan alasan-alasan
yang mengacu pada Buku Pedoman Peraturan Fakultas.
5.
Mahasiswa
tidak diperkenankan keluar masuk selama kelas berlangsung tanpa ada izin dan
alasan yang jelas.
6.
Dilarang
keras melakukan plagiarisme dalam
menyelesaikan tugas kelompok dan individu. Pelanggaran hal ini berakibat pada
ketidaklulusan di matakuliah ini.
7.
Tugas
Kelompok harus dikerjakan secara bersama-sama dan memiliki rasa tanggungjawab
untuk menyelesaikannya dengan baik.
8.
Mahasiswa
tidak diperkenankan menggunakan sandal / sandal jepit ke dalam kelas.
9.
Mahasiswa
diharapkan mengikuti perkuliahan dengan tertib termasuk HP tidak boleh
diaktifkan suaranya (silent) selama perkuliahan berlangsung
10. Berpakaian
sopan dan bersepatu (sebagaimana sudah diatur dalam Institut/Fakultas)
11. Lain-lain
yang belum diatur dalam kontrak ini akan dimusyawarahkan bersama
F. SATUAN ACARA
PERKULIAHAN (SAP)
Perte-muan
|
TOPIK
|
SUB TOPIK
|
METODE
|
I
|
Perkenalan dan kontrak belajar
|
-
Orientasi Mata Kuliah
-
Kontrak Kuliah
|
Diskusi
|
II
|
Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
|
- Ilmu dan proses berpikir
- Apa yang dimaksud dgn penelitian
- Ilmu, penelitian dan kebenaran
- Cara mencari kebenaran
|
Ceramah
Tanya jawab
|
III
|
Ragam Penelitian
|
- Jenis-jenis penelitian
- Penelitian Ilmu Sosial vs Ilmu Alam
- Beberapa sifat/ciri khas penelitian
- Metode-metode penelitian
|
Ceramah
Tanya
jawab
|
IV
|
Paradigma, Teori dan
Metodologi Penelitian Sosial
|
- Proposisi, dalil, teori, dan fakta
- Konsep paradigma, teori dan metodologi
- Ragam paradigma penelitian sosial
|
Ceramah
Tanya
jawab
|
V
|
Fokus dan Analisis Masalah
Penelitian
|
- Masalah dalam penelitian
- Menemukan masalah
- Beberapa pertimbangan dalam memilih masalah
- Isu-isu seputar masalah penelitian sosial
keagamaan
- Analisis masalah penelitian
- Identifikasi masalah penelitian
- Menentukan fokus masalah dan unit analisis
|
Ceramah
Tanya jawab
|
VI
|
Desain Penelitian Sosial
|
-
Strategi
penentuan disain
-
Kerangka
disain penelitian
-
Model-model
disain penelitian sosial
|
Ceramah
Tanya
jawab
|
VII
|
Ujian
Tengah Semester
|
||
VIII
|
Teknik Pengambilan
Sampel
|
- Populasi dan sampel
- Syarat sampel yang baik
- Teknik sampling
|
Diskusi
kelas
|
IX
|
Pengumpulan Data
|
-
Sumber
data
-
Metode-metode
pengumpulan data
|
Diskusi
kelas
|
X
|
Metode Analisis Data
|
-
Analisis
selama pengumpulan data
-
Reduksi
data
-
Penyajian
data
-
Menarik
kesimpulan/verivikasi
|
Diskusi
kelas
|
XI
|
Analisa Metode
Kualitatif
|
-
Penelitian
kualitatif dan kegunaannya
-
Kekurangan
dan kelebihan metode kualitatif
- Metode
Pengumpulan Data Kualitatif
- Teknik
Pemeriksaan Keabsahan Data
- Ciri-ciri
Metode Kualitatif
-
Analisa
Data
|
Diskusi
kelas
|
XII
|
Pengukuran dalam Penelitian Sosial
|
-
Pengantar
-
Teknik-teknik
pengukuran
-
Validitas dan reabilitas alat ukur
|
Diskusi
kelas
|
XIII
|
Laporan Penelitian
|
-
Jenis-jenis
laporan penelitian
-
Prosedur
penulisan laporan
-
Organisasi
laporan penelitian
|
Diskusi
kelas
|
XIV
|
Pembuatan Kuisioner
|
-
Sampling
dan kuisioner
-
Teknik
pembuatan kuisioner
|
Praktikum
|
XV
|
Pembuatan Proposal
|
-
Pengertian
proposal
-
Isi
proposal
-
Teknik
pembuatan proposal
|
Praktikum
|
XVI
|
Ujian Akhir Semester
|
Tertulis
|
BUKU RUJUKAN
Alwasilah, A. Chaedar.
2002. Pokoknya Kualitatif: Dasar-Dasar
Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Denzin, N.K. &
Y.S. Lincoln (eds.). 2004. Handbook of
Qualitative Research (Second Edition), Thousand Oaks: Sage Pul. Inc.
Koentjaraningrat. 1997. Metode-metode
Penelitian Masyarakat. Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma
Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Cet. pertama, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Soehartono, Irawan. 2002. Metode Penelitian
Sosial: Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial
Lainnuya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryoprayogo, Imam dan
Tobroni. 2001. Metodologi Penelitian
Sosial Agama. Cet. pertama, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yin, Robert K. 2002. Studi Kasus (Desain dan Metode). Edisi
Revisi. Diterjemahkan oleh M. Djauzi Mudzakir. Cet. ke-3, Jakarta: RajaGrafindo
Persada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar