Kalesang Negeri Membangun Bangsa

Sabtu, 05 Juli 2014

METODE PENELITIAN SOSIAL

RPKPS METODE PENELITIAN SOSIAL
A. IDENTITAS PERKULIAHAN :
1. Nama Mata Kuliah       : Metode Penelitian Sosial (MPS)
2. Kode Mata Kuliah       : MKB-544
3. SKS                             : 3 SKS
4. Dosen Pengasuh           : Subair Abdullah, S.Ag, M.Si
B. PENGANTAR
Kuliah “Metode Penelitian Sosial” merupakan mata kuliah wajib fakultas yang dirancang untuk mencapai dua tujuan sekaligus. Pertama, membekali mahasiswa dengan pengetahuan filosofis tentang dasar-dasar penelitian sosial umumnya, dan penelitian sosiologi agama khususnya. Kedua, membawa mahasiswa untuk terlibat dalam latihan penelitian sosial keagamaan secara praktis, sehingga memungkinkan mahasiswa memiliki keahlian yang memadai tentang bagaimana teknik-teknik penelitian sosial keagamaan diaplikasikan secara tepat.
Riset  untuk  memahami  fenomena  dalam  ilmu  sosial  dan  keagamaan  memiliki kekayaan metode yang sangat bervariasi. Metode riset dalam bidang ilmu ini berkaitan erat dengan  tradisi paradigmatik yang  berkembang, mencakup  setidaknya  positivis, post-positivis, partisipatoris dan konstruktivis. Sebagai mata kuliah pengantar, misi dasar dari kuliah ini adalah mengajak mahasiswa untuk mengenali berbagai variasi metode yang tersedia dalam ilmu sosial keagamaan, dengan segala macam karakternya. Tidak hanya berkutat di level kognitif, pengenalan terhadap metode yang ada juga akan dilakukan melalui proses pembacaan sejumlah  karya  riset  untuk  memahami  bagaimana  metode  tersebut diaplikasikan (method in action). Dengan cara demikian, maka mahasiswa diharapkan sudah bisa mengenali perbedaaan dan karakter masing-masing metode, dan bagaimana bentuk-bentuk aplikasinya.
C. TUJUAN PEMBELAJARANNo
Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa agar mampu memiliki kepekaan sosial dan menguasai pengetahuan, keahlian, serta analisis dasar di bidang penelitian sosial. Kompetensi yang diharapkan di akhir perkuliahan adalah mahasiswa mampu menyusun “Rancangan/Usul Penelitian” yang logis dan sistematis.
D. EVALUASI
Evaluasi dimaksudkan untuk melakukan penilaian atas proses belajar mahasiswa, baik yang dilakukan di kelas maupun di luar kelas. Komponen evaluasi diuraikan guna menjangkau baik kapasitas individual maupun kemampuan kerja tim yang dilakukan. Komponen evaluasi dan bobot penilaian masing-masing dirumuskan sebagai berikut:

KOMPONEN
SKOR
KETERANGAN
1. Ujian Mid Semester
2. Ujian Akhir Semester
3. Aktivitas/Tugas Harian
4. Tugas Terstruktur (Membuat usulan penelitian)
30
40
10
20
Ujian tertulis
Ujian tertulis
Kehadiran, aktivitas dan latihan harian Dikumpulkan pada saat ujian akhir semester
E. KONTRAK PERKULIAHAN
1.      Mahasiswa diharapkan hadir tepat waktu. Toleransi keterlambatan baik untuk dosen dan mahasiswa adalah 30 menit sejak dimulainya perkuliahan. Sangsi apabila melebihi waktu tersebut, untuk mahasiswa ádalah boleh tetap kuliah namun harus duduk di depan dan mendapat tugas tambahan antara lain review materi kuliah pada hari yang bersangkutan. Tugas dikumpulkan pada kuliah satu minggu berikutnya. Sebaliknya apabila dosen yang terlambat, maka kuliah dapat ditiadakan tetapi kehadiran mahasiswa tetap diakui. Sangsi tersebut tidak berlaku, apabila masing-masing pihak ada pemberitahuan terlebih dahulu paling lambat sebelum jam kuliah dimulai. Pemberitahuan dari mahasiswa dapat dilakukan melalui surat ijin (tertulis) maupun SMS dengan menyebutkan nama lengkap dan NIM. Tanpa identitas lengkap maka pemberitahuan ijin tidak akan diperhatikan
2.      Absensi mengacu pada Pedoman Peraturan Fakultas . Dalam hal ini batas ketidakhadiran mahasiswa adalah 4 kali perkuliahan tatap muka. Jika tidak hadir lebih dari ketentuan tersebut tanpa pemberitahuan tertulis atau alasan yang jelas,  maka mahasiswa tersebut tidak dapat mengikuti ujian akhir semester.
3.      Ijin keterlambatan maupun ketidakhadiran kuliah yang ditoleransi (dianggap hadir) adalah yang ada pemberitahuan (keterangan) dan maksimal adalah 2 kali selama 1 semester perkuliahan.
4.      Tidak ada ujian susulan bagi tes kecil. Khusus UTS dan UAS , kecuali dengan alasan-alasan yang mengacu pada Buku Pedoman Peraturan Fakultas.
5.      Mahasiswa tidak diperkenankan keluar masuk selama kelas berlangsung tanpa ada izin dan alasan yang jelas.
6.      Dilarang keras melakukan plagiarisme dalam menyelesaikan tugas kelompok dan individu. Pelanggaran hal ini berakibat pada ketidaklulusan di matakuliah ini.
7.      Tugas Kelompok harus dikerjakan secara bersama-sama dan memiliki rasa tanggungjawab untuk menyelesaikannya dengan baik.
8.      Mahasiswa tidak diperkenankan menggunakan sandal / sandal jepit ke dalam kelas.
9.      Mahasiswa diharapkan mengikuti perkuliahan dengan tertib termasuk HP tidak boleh diaktifkan suaranya (silent) selama perkuliahan berlangsung
10.  Berpakaian sopan dan bersepatu (sebagaimana sudah diatur dalam Institut/Fakultas)
11.  Lain-lain yang belum diatur dalam kontrak ini akan dimusyawarahkan bersama
F. SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Perte-muan
TOPIK
SUB TOPIK
METODE
I
Perkenalan dan kontrak belajar
-   Orientasi Mata Kuliah
-   Kontrak Kuliah
Diskusi
II
Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
-    Ilmu dan proses berpikir
-    Apa yang dimaksud dgn penelitian
-    Ilmu, penelitian dan kebenaran
-    Cara mencari kebenaran
Ceramah
Tanya jawab
III
Ragam Penelitian
-    Jenis-jenis penelitian
-    Penelitian Ilmu Sosial vs Ilmu Alam
-    Beberapa sifat/ciri khas penelitian
-    Metode-metode penelitian
Ceramah
Tanya jawab
IV
Paradigma, Teori dan Metodologi Penelitian Sosial
-    Proposisi, dalil, teori, dan fakta
-    Konsep paradigma, teori dan metodologi
-    Ragam paradigma penelitian sosial
Ceramah
Tanya jawab
V
Fokus dan Analisis Masalah Penelitian
-    Masalah dalam penelitian
-    Menemukan masalah
-    Beberapa pertimbangan dalam memilih masalah
-    Isu-isu seputar masalah penelitian sosial keagamaan
-    Analisis masalah penelitian
-    Identifikasi masalah penelitian
-    Menentukan fokus masalah dan unit analisis
Ceramah
Tanya jawab
VI
Desain Penelitian Sosial
-      Strategi penentuan disain
-      Kerangka disain penelitian
-      Model-model disain penelitian sosial
Ceramah
Tanya jawab
VII
Ujian Tengah Semester
VIII
Teknik Pengambilan Sampel
-      Populasi dan sampel
-      Syarat sampel yang baik
-      Teknik sampling
Diskusi kelas
IX
Pengumpulan Data
-      Sumber data
-      Metode-metode pengumpulan data
Diskusi kelas
X
Metode Analisis Data
-      Analisis selama pengumpulan data
-      Reduksi data
-      Penyajian data
-      Menarik kesimpulan/verivikasi
Diskusi kelas
XI
Analisa Metode Kualitatif
-      Penelitian kualitatif dan kegunaannya
-      Kekurangan dan kelebihan metode kualitatif
-      Metode Pengumpulan Data Kualitatif
-      Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data
-      Ciri-ciri Metode Kualitatif
-      Analisa Data
Diskusi kelas
XII
Pengukuran dalam Penelitian Sosial
-      Pengantar
-      Teknik-teknik pengukuran
-      Validitas dan reabilitas alat ukur
Diskusi kelas
XIII
Laporan Penelitian
-      Jenis-jenis laporan penelitian
-      Prosedur penulisan laporan
-      Organisasi laporan penelitian
Diskusi kelas
XIV
Pembuatan Kuisioner
-      Sampling dan kuisioner
-      Teknik pembuatan kuisioner
Praktikum
XV
Pembuatan Proposal
-      Pengertian proposal
-      Isi proposal
-      Teknik pembuatan proposal
Praktikum
XVI
Ujian Akhir Semester
Tertulis


BUKU RUJUKAN
Alwasilah, A. Chaedar. 2002. Pokoknya Kualitatif: Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Denzin, N.K. & Y.S. Lincoln (eds.). 2004. Handbook of Qualitative Research (Second Edition), Thousand Oaks: Sage Pul. Inc.
Koentjaraningrat. 1997. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Cet. pertama, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soehartono, Irawan. 2002. Metode Penelitian Sosial: Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnuya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryoprayogo, Imam dan Tobroni. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Cet. pertama, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yin, Robert K. 2002. Studi Kasus (Desain dan Metode). Edisi Revisi. Diterjemahkan oleh M. Djauzi Mudzakir. Cet. ke-3, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar