Kalesang Negeri Membangun Bangsa

Rabu, 15 Oktober 2014

Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa HMJ Sosiologi Agama Tahun 2014

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA 
TINGKAT FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH IAIN AMBON TAHUN 2014
HMJ SOSIOLOGI AGAMA


TATA CARA DAN KRITERIA PENULISAN

 
Tata cara dan kriteria penulisan karya ilmiah pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa  Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon Tahun 2014 yang harus diperhatikan oleh peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah adalah sebagai berikut:
1.      Maksud dan Tujuan. Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa  Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon Tahun 2014 adalah media untuk menjaring  karya  akademik  terbaik  para  mahasiswa  di  lingkungan  Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon. Lomba ini diselenggarakan untuk mendorong minat meneliti dan menulis mahasiswa seputar isu mutakhir (current issues) berkaitan dengan masalah ekonomi, politik, sosial, budaya, maupun pendidikan yang ada kaitannya dengan lingkup bidang sosiologi agama, komunikasi Islam, Jurnalistik, dan Akidah Filsafat. Melalui prosedur, kaidah, dan etika riset dan publikasi ilmiah yang benar, Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa  Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon Tahun 2014 diharapkan mampu memberikan stimulus yang berarti bagi perkembangan publikasi ilmu pengetahuan, khazanah keislaman Indonesia, kajian kritis sosio-kultural, bahkan rekomendasi untuk penyelesaian terhadap persoalan (problem solving) yang dihadapi masyarakat dewasa ini, khususnya yang berkaitan dengan masalah keislaman dan kebangsaan di Maluku.

2.      Ruang Lingkup
Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon Tahun 2014 ditujukan sebagai media pengembangan kompetensi penelitian dan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa pada Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon. Materi karya ilmiah memuat hasil penelitian, kajian dan pengembangan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan sosiologi dan antropologi agama, ilmu dakwah, komunikasi, jurnalistik, sosiologi masyarakat pesisir, dan aqidah filsafat.
3.      Bahasa dan Teknik Penulisan
3.1  Tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan baik. Penggunaan istilah harus menggunakan istilah yang sesuai dengan prosedur atau Ejaan yang Disempurnakan (EYD).
3.2   Tulisan diketik pada kertas ukuran A4 dengan spasi 1,5. Margin tulisan mempunyai jarak 3 cm dari kanan dan kiri, atas bawah berjarak 2,5 cm. Jumlah halaman tidak lebih dari 20 halaman dan sekurang-kurangnya 10 halaman termasuk gambar dan tabel (jika ada). Tulisan menggunakan jenis font Times New Roman ukuran 12 pt.
3.3    Kutipan menggunakan pola body text atau footnote dengan menyebutkan sumbernya secara lengkap.
4.      Isi Karya Tulis Ilmiah
4.1     Judul (Bahasa Indonesia serta menggunakan huruf kapital serta tebal-bold). Untuk sub judul ditulis huruf kecil dan tebal tebal-bold (jika ada).
4.2    Nama penulis (menggunakan huruf kecil dan tebal-bold)
4.3    Menyertakan program studi dan semester beserta NIM.
4.4    Abstrak dalam bahasa Indonesia dan atau Inggris antara 200-300 kata. Abstrak berisi “subjek pembahasan, perspektif teoritis, metode, hasil karya  dan kata kunci 2-5 kata.”
4.5    Sistematika penulisan Karya Tulis Ilmiah:
       4.5.1 Pendahuluan (berisi latar belakang, fokus dan pertanyaan    pembahasan). Pendahuluan memberikan penjelasan yang mendukung topik tulisan dan mengidentifikasi beberapa faktor/aspek lain yang terkait; menyebutkan pertanyaan dan tujuan yang diangkat sebagai core problem dan merumuskannya dengan redaksi yang baik; dan menjelaskan problem yang dipilih memiliki signifikansi untuk pengembangan keilmuan atau pemecahan problem sosial.
4.5.2 Metode Riset/Analisis. Pemilihan metode kongruen dengan karakteristik riset/analisis yang dilakukan; desain dan metode riset/analisis dideskripsikan secara memadai, sehingga dapat beroperasi secara maksimal untuk menjawab pertanyaan penelitian dan memungkinkan pembaca memahami proses riset.
4.5.3    Review Literatur dan Kajian Teoritis. Kajian literatur memaparkan beberapa penelitian/kajian sejenis yang telah dilakukan sebelumnya dan menegaskan titik perbedaan penelitian/kajian yang dilakukan; literatur yang digunakan relevan dengan problem riset/kajian; review literatur dan kajian teoritis yang dipaparkan dapat mengedukasi pembaca tentang problem riset/kajian.
4.5.4    Hasil karya dan pembahasan. Data yang disajikan dapat menjawab pertanyaan riset/kajian secara jelas; penulisan laporan riset/kajian membedakan dengan jelas antara data riset/kajian dan interpretasi peneliti; temuan riset/kajian beresonansi dengan pengembangan pengetahuan atau pengembangan/pemecahan masalah sosial; dan bahasa laporan mencerminkan bahasa yang tidak mengandung ungkapan seksis atau diskriminatif.
4.5.5    Kesimpulan dan Rekomendasi. Kesimpulan riset/kajian didukung dengadata riset /kajian yang memadai dakesimpulan riset/kajian  memuat diskusi tentang keterbatasan riset/kajian yang dilakukan, sehingga memberikan penjelasan tentang apa yang perlu diperdalam untuk kajian riset lanjutan.
4.5.6    Daftar pustaka.
4.5.7    Lampiran (jika ada)
5.      Lain-Lain
5.1    Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah bisa berupa perorangan atau kelompok (minimal 2 orang ).
5.2    Karya Tulis Ilmiah yang diikutsertakan dikirim ke panitia dalam bentuk print out dan menyertakan soft copy.
5.3    Seluruh karya ilmiah yang masuk akan diseleksi oleh Tim Reviewer yang ditetapkan oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon.
5.4    Panitia hanya akan mengundang 5 (lima) judul karya tulis ilmiah untuk dipresentasikan.  Karya tulis yang dipresentasikan akan disediakan uang tunai, piala, dan sertifikat.
5.5    Batas waktu penerimaan Karya Tulis Ilmiah, Senin 11 November 2014.

                                                                                                        Ambon, 10 Oktober 2014

PANITIA PELAKSANA


    Ketua                                                                                     Sekretaris


Abu Tukmuly                                                                        Sardi Raharusun
            Nim. 0100202088                                                                   Nim. 0100202087





JADWAL KEGIATAN*
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA HMJ SOSIOLOGI AGAMA FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) AMBON TAHUN 2014


No
Uraian Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
1.
Pengumuman Penerimaan Karya Tulis Ilmiah
Minggu I Oktober  2014
2.
Registrasi dan penyerahan karya tulis (hard & soft copy)
11 Oktober – 11 November 2014
3.
Evaluasi Tim Reviewer
Minggu II November 2014
5.
Pengumuman Nomenees
Minggu III November 2014
6.
Seminar LKTIM
21 November 2014




* Jadwal dapat mengalami perubahan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar